Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula

Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula - Hallo sahabat Beternak Ikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ikan Hias, Artikel Ikan Koi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula
link : Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula

Baca juga


Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula

Ikan Koi dalam bahasa aslinya bernama Nishikigoi, di Indonesia populer disebut sebagai Ikan Koi, ikan Koi sering disangka ikan asli jepang tetapi sebenarnya tidaklah demikian. team sukses budidaya sendiri sebenarnya kurang begitu paham tentang asal Koi, ada yang menyebut berasal dari daerah Asia timur, Persia, sekitar laut hitam, ada pula beberapa literature menyebut koi berasal dari Cina.

Jenis ikan Koi menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia karena kemampuan jenis ikan ini untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan setempat. Ikan jenis ini merupakan jenis ikan hias kolam paling popular dan paling digemaridi seluruh penjuru dunia, mungkin karena keindahan ragam pola dan warnanya.

Koi sebenarnya tidak harus dipelihara dikolam, bisa di bak, akuarium atau lainnya. Yang harus dipahami disini adalah inti permasalahanya. Koi adalah jenis ikan hias yang 'keindahan utamanya' terletak pada bagian punggungnya, kalau diamati bagian lain dari tubuhnya tidak lah ada sesuatu yang lebih istimewa dari jenis ikan hias lainnya. Nah, bagian tersebut bisa dilihat atau diamati kalau kita melihat dari posisi atas koi itu sendiri.

Itulah yang harus kita jadikan acuan. Kalau kita memelihara ikan hias berarti kita ingin menikmati keindahan nya, keindahan itu akan kita nikmati kalau kita memelihara di kolam, atau memelihara di akuarium , bak dan lain sebagainya yang posisinya kita letakkan dibawah pandangan horizon kita. Jadi memelihara koi tidaklah harus dikolam. Bagaimana memelihara Koi dengan baik? Banyak para hobbis maupun para calon hobbis yang beranggapan terlalu berlebihan dalam pemeliharan koi.

Dalam pengamatan penulis sendiri, masyarkat hobbis koi seolah-olah sangatlah berlebihan dalam cara-cara pemeliharaan koi, kadang kalau penulis amati malah cenderung timbul semacam rasa paranoid yang berlebihan. Prinsip memelihara koi sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan prinsip hidup atau kehidupan manusia itu sendiri, mungkin yang beda manusia hidup di darat sedang koi di air. Dalam memelihara koi yang perlu diperhatikan sebenarnya hanyalah menjaga kualitas lingkungan hidup koi itu sendiri. Sama dengan manusia, seorang manusia sehat akan menjadi sakit apabila hidup dilingkungan yang tidak sehat, manusia sakit bila tidak di obati lambat laun akan sakit makin parah lalu mati, sama hal juga dengan koi.

Lingkungan hidup yang baik untuk koi

Untuk lebih mudah memahami dalam membentuk lingkungan hidup koi yang baik, cobalah sejenak pembaca untuk membayangkan habitat asli tempat koi yang asli. Cobalah pembaca bayangkan sebuah danau atau sebuah sungai alam, disana banyak hidup berbagai mahluk hidup baik flora maupun fauna, yang kalau kita amati secara biologi sederhana antara satu dan lainnya masing -masing spesies yang hidup disana saling ada keterkaitan antara satu dengan lainnya, mulai dari mikro organisme sampai makro organisme,

Kehidupan disana akan membentuk suatu rantai makanan dan rantai kehidupan. Jadi dalam menciptakan lingkungan tempat hidup koi hendakanya kita berusaha untuk menciptakan lingkungan yang menyerupai habitat aslinya, tentu saja dengan membuang hal-hal yang dapat mengganggu kelangsungan hidup koi itu sendiri di habitat aslinya, misalkan saja predator.

Dalam memelihara koi dalam lingkungan tempat tinggal kita tidak mungkin kita membuat lingkungan hidup seperti habitat asli koi. Namun disini kita harus merekayasa lingkungan hidup koi sehingga meyerupai habitat aslinya.

Merancang lingkungan hidup koi

Dalam membuat lingkungan hidup koi (dalam hal ini yang dimaksud adalah 'tempat' rencana pembaca untuk memelihara koi) sangat erat kaitannya dengan anggaran yang disiapkan, luas lahan yang akan di gunakan, selera estetika hobbis dan sebagainya.

Untuk merancang tempat pemeliharaan koi hal yang pertama perlu dipikirkan adalah sumber air yang akan digunakan.

Apabila di tempat yang akan kita gunakan mempunyai sumber mata air alami maka yang kita butuhkan hanyalah rancangan untuk membuat kolam atau rancangan sebuat empang (banyak yang mengistilahkan demikian untuk kolam dengan sumber mata air alami).

Apabila lahan yang akan kita gunakan tidak memiliki sumber mata air alami tetapi memiliki sumber air alami buatan (misalkan sumur) tinggal pembacamempertimbangkan faktor ekonomis. Yang dibutuhkan adalah rancangan kolam dengan sumber air mengalir terus ke kolam.

Namun apabila mempertimbangkan ketersedian atau kemampuan sumber air tersebut atau factor ekonomis maka yang di butuhkan adalah rancangan kolam dengan sistem filtrasi-nya. Apabila lahan yang akan kita gunakan menggunakan sumber air yang tidak alami (misalkan PDAM / PAM) yang diperlukan adalah hasil test laboratorium sumber mata air tersebut (misalkan PDAM, setiap daerah memiliki kualitas air yang berbeda-beda), baru kita dapat merancang kolam dengan sistim filtrasi yang sesuai. Apabila pembaca ingin memelihara koi di akuarium atau bak maka yang diperlukan adalah sumber airnya dan rancangan sistim filtarsi yang sesuai dengan kualitas air dan bentuk akuarium/bak tersebut

Mengapa perlu sistem filtirasi

Sistim filrasi diperlukan untuk menjaga habitat koi tetap sehat dan layak huni. Sama seperti manusia koi hidup juga menghasilkan limbah, kotoran, dan lain-lain yang dapat merusak kualitas air sebagai tempat hidup koi itu sendiri. Misalkan kotoran (feses) yang dapat menimbulkan gas ammonia yang beracun.

Bagaimana sistem filtirasi yang baik?

Sistem filtrasi yang terbaik baik adalah sistem yang sesuai dengan kolam itu sendiri baik bentuk kolam, letak kolam (dalam tanah, diatas permukaan tanah atau gabungan) ,sumber air kolam itu sendiri dan hal - hal lainnya.

Sistem fitrasi yang baik adalah gabungan antara filter fisika, kimia dam biologi.
Yang dimaksud sistem fisika adalah sistem filter secara fisika atau mekanis, kalau lebih disederhanakan lagi mungkin filter untuk menyaring kotoran-kotoran yang kasat mata.

Yang dimaksud sistem kimia adalah sistem filtasi dengan proses kimiawi dan atau penyaringan bahan-bahan kimiawi yang sifatnya merusak atau menurunkan kualitas air sebagai habitat hidup. Sedangkan sistem biologi adalah sistim filtasi dengan proses biologi

Petunjuk budidaya ikan koi untuk pemula yang team sukses budidaya sampaikan diatas dirangkum dari berbagai sumber, lain waktu kita akan mengupas sedikit sedikit tentang bagaimana agar sukses dalam budidaya Ikan Koi.


Demikianlah Artikel Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula

Sekianlah artikel Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula dengan alamat link http://beternak-ikan-sukses.blogspot.com/2014/01/petunjuk-sederhana-budidaya-ikan-koi.html

0 Response to "Petunjuk Sederhana Budidaya Ikan Koi Untuk Pemula"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.