Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele

Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele - Hallo sahabat Beternak Ikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ikan lele, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele
link : Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele

Baca juga


Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele

Cara memulai ternak ikan lele adalah garis-garis besar cara memulai beternak ikan terutama ikan lele, saat ini yang paling populer adalah ternak lele sangkuriang. Kelebihan dari sangkuriang ini adalah ketahanannya terhadap berbagai macam penyakit serta kecepatan pertumbuhannya yang mengagumkan.

Pertumbuhan lele sangkuriang ini cepat, dalam 3 bulan seorang peternak sudah dapat melakukan panen ikan lele ukuran yang baik untuk dijual di pasar. Bibit lele sangkuriang mudah didapatkan, hampir semua balai benih ikan milik pemerintah daerah menjual bibit ikan lele sangkuriang ini. Harga bibit ikan lele sangkuriang juga termasuk murah mulai dari Rp 50 / ekor.

Cara memulai budidaya ternak ikan lele ini hampir sama dengan ternak lele jumbo, yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. Lahan yang akan dijadikan kolam untuk ternak lele sangkuriang, 1 m bujursangkar idealnya bisa menampung 200 bibit ikan lele. Wadah, wadah disini dalam artian anda ingin memlihara lele di tempat yang bukan kolam, seperti drum, tong, bak dan sebagainya, aturan ukuran idealnya tetap sama dengan memelihara lele di kolam.

2. Air yang mengandung plankton untuk pakan ikan lele terutama untuk benih yang baru masuk kolam. Cara mendapatkan air yang mengandung plankton ini dibutuhkan pemupukan kolam dan pemberian kompos kotoran ruminansia yang direndam selama seminggu hingga warna air berubah menjadi kehijauan.

3. Atap, ternak lele sangat membutuhkan atap yang melindungi kolam lele dari masuknya air hujan. Air hujan memiliki kandungan asam yang tidak baik untuk kesehatan ternak lele, biasanya di kolam terbuka tingkat kematian ikan lele lebih tinggi daripada kolam yang tertutup atap.

4. bibit lele sangkuriang yang sehat, setiap membeli bibit ikan lele perhatikan kondisi bibit ikan tersebut, yang perlu diperhatikan adalah gerakan bibit, sebaiknya gerakan bibit ikan terlihat lincah dan normal, badan yang sempurna; perhatikan seluruh badan bibit ikan lele apaka terdapat lecet-lecet atau tidak, biasanya bibit ikan lele yang dikirim dari jarak jauh sering kita temukan lecet pada sekujur tubuh bibit lele seperti ini kualitasnya tidak baik.

5. Pakan, pakan harus disiapkan sedini mungkin baik dalam betuk pelet ataupun konsentrat yang dibuat sendiri.

Gambaran singkat untuk memulai ternak lele;- persiapkan tempat untuk beternak (kolam atau tong atau drum),
- sterilisasi kolam ikan tersebut dengan disinfektan setelah itu biarkan bakalan kolam ikan lele selam 3 hari dalam keadaan kering,
- lakukan pemupukan dan peng-komposan dengan kotoran sapi biarkan kering selama 3 hari,
- selanjutnya isi air dan biarkan selama seminggu hingga air berubah warna hijau kehitaman yang menandakan sudah terdapat banyak jasad renik untuk pakan bibit ikan lele.
- Setelah seminggu masukkan bibit ikan lele ke dalam kolam
- Rutin mengawasi pertumbuhan ikan lele tersebut
- serta kontrol pemberian pakan.


Demikianlah Artikel Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele

Sekianlah artikel Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele dengan alamat link http://beternak-ikan-sukses.blogspot.com/2014/01/gambaran-singkat-untuk-memulai-ternak.html

0 Response to "Gambaran Singkat Untuk Memulai Ternak Ikan Lele"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.