Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit

Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit - Hallo sahabat Beternak Ikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ikan air tawar, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit
link : Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit

Baca juga


Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit

Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit

Rasa gurih ikan gurame dengan sajian dibakar maupun digoreng, membuat para pecinta kuliner termanjakan dengan kedua menu tersebut. Ikan gurame memang telah lama menjadi salah satu menu favorit di beberapa restoran. Cita rasa gurih yang ditawarkan ikan gurame goreng dan gurame bakar membuatnya laris manis di pasaran. Namun tak hanya disenangi oleh pecinta kuliner saja tapi juga oleh produsen yang berperan sebagai pembudidaya ikan gurame.

Karena, kegemaran khalayak mengonsumsi aneka macam masakan berbahan dasar ikan gurame ini menciptakan peluang usaha yang mampu memberikan profit yang menguntungkan. Permintaan komoditas gurame mengalami peningkatan seiring dengan menjamurnya tempat-tempat kuliner di tanah air. Dikatakan oleh Wiwied Usman, Sekjen Permina (Perhimpunan Masyarakat Perikanan Nusantara) bahwa budidaya ikan gurame tergolong investasi yang sangat menggiurkan. Dengan menebar bibit sekitar 2.000 ekor, pendapatan yang bisa dikantongi yakni sekitar 40juta.

Karena dibutuhkan air berlimpah dan juga habitat yang cukup luas, budidaya ikan gurame ini dianggap hanya dapat dikelola dengan modal besar. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Budidaya ikan tawar yang banyak tersedia di pasar tradisional & modern tersebut bisa diterapkan dalam skala rumah tangga atau dengan kata lain industri mikro dengan modal kecil. Jadi, kesempatan serta peluang usaha rumahan untuk komoditas ini masih sangat terbuka untuk para pemodal kecil.

Kita pun bisa membudidaya ikan gurame skala rumah tangga dengan menggunakan media kolam terpal dan dengan lahan sempit sekalipun. Lahan yang dipakai bisa di pekarangan rumah (bila pekarangan cukup luas) atau lahan kosong di sekitar rumah yang dapat kita sewa dengan biaya terjangkau. Namun perlu diingat, dalam lahan sempit itu jumlah bibit yang bisa dibudi daya terbatas.

Ukuran ikan ini juga turut menjadi pertimbangan kuantitas gurame yang akan dibudi daya dalam kolam terpal. Untuk ukuran kolam satu meter persegi dengan kedalaman 90 cm dapat diisi 10 ekor ikan gurame dengan bobot 2,5 ons. Namun, bagaimana membuat kolam terpal ini??? Caranya pun cukup sederhana. Ada dua macam cara yang bisa kita pilih. Pertama, menggali tanah dengan kedalaman sekitar 90 cm lalu pasang terpal di tanah galian tersebut.

Cara yang kedua adalah dengan tidak melakukan penggalian tanah tapi memasang terpal pada permukaan tanah kemudian merangkai rangka dari besi/kayu sebagai penyangga sehingga bentuknya menyerupai bak. Baik cara pertama maupun cara kedua punya keunggulannya masing-masing. Cara pertama membuat beban terpal tidak terlalu berat ketika diberi air sementara cara kedua memudahkan pembudi daya melakukan penggantian dan juga pembersihan kolam.

Untuk masa panen, budi daya ikan gurame ini punya usia pembibitan yang relatif singkat. Untuk bibit 2,5 ons bisa dipelihara selama 5 bulan sebelum dipanen dengan hasil ikan gurame berbobot 6 sampai 7 ons. Minat untuk Budidaya gurame di rumah?? Selamat mencoba yaa.
Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit


Demikianlah Artikel Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit

Sekianlah artikel Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit dengan alamat link http://beternak-ikan-sukses.blogspot.com/2013/11/teknik-cara-budidaya-ikan-gurame-di.html

0 Response to "Teknik Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Lahan Sempit"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.