Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar - Hallo sahabat Beternak Ikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar
link : Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Baca juga


Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Ahad, 17 Pebruari 2013 19:00
Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Digelar pelatihan budidaya ikan air tawar di Duri. Masyarakat sangat antusias mengikuti dalam rangka mengembangkan potensi ekonomi.

Riauterkini - DURI - Puluhan peserta tampak sangat antusias mengikuti pelatihan budidaya ikan air tawar yang dilaksanakan di Raffa Farm, di Jalan Jendral Sudirman Gang Pribumi, Kelurahan Duri Timur, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Ahad (17/2/13). Tak hanya dibekali teori, kepada mereka juga diperlihatkan secara langsung cara mengawinkan sel telur dan sel sperma ikan lele yang diperagakan sejumlah instruktur.

Pelatihan budidaya ikan air tawar ini merupakan kerjasama antara Raffa Farm (sebuah usaha budidaya dan pembibitan ikan yang dikelola Kelompok Budidaya Ikan Pribumi Mandiri di Duri Timur) dengan UPS BKM Maju Bersama, Duri Barat. Sebanyak 30 peserta mengikuti pelatihan tersebut. "Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari usulan warga yang ingin mengembangkan budidaya ikan sebagai bagian dari program PNPM Mandiri di Duri Barat," kata Ketua UPS BKM Maju Bersama Duri Barat, Sukis Heriyanto.

Pelatihan khusus ini juga dihadiri sejumlah pihak. Antara lain Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bengkalis H Arwan Mahidin, pengurus KTNA Kabupaten Refry AMd, Ketua KTNA Kecamatan Mandau, Ir Marbet, serta Ketua Kelompok Budidaya Ikan Pribumi Mandiri, Irham yang merupakan pengelola Raffa Farm.

"Kita diminta memberi pelatihan ini oleh BKM Maju Bersama Duri Barat. Sebanyak tujuh instruktur kita turunkan. Tiga diantaranya merupakan staf Balai Benih Ikan Balai Raja. Masing-masing Heriyanto SP, Kadir SPi, dan Eko. Empat instruktir lagi; Hanafi, Bistamam, Maramuda, dan Bustami merupakan instruktur dari Raffa Farm," kata pengelola Raffa Farm, Irham.

Menurut Irham yang pernah mengikuti pelatihan Teknik Budidaya Ikan Air Tawar di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi Juli 2009 ini, untuk tiap peserta nanti akan dibekali 500 bibit lele plus pakannya untuk dibudidayakan di tempat masing-masing. "Kita akan terus membina mereka hingga budidaya ikan yang mereka kelola berhasil. Panen mereka pun akan kita tampung," kata Irham sembari berharap BKM lain bakal tertarik pula membudidayakan ikan air tawar.

Sementara itu, Ketua KTNA Bengkalis yang juga anggota DPRD H Arwan Mahidin mengaku sangat mendukung upaya budidaya ikan air tawar di Kecamatan Mandau. Apalagi kebutuhan ikan air tawar di daerah ini sangat tinggi. Menurutnya, usaha produktif seperti ini layak mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah. "Ini merupakan usaha swasta murni. Harapan kita ini bisa dijadikan sebagai salah satu pusat pelatihan budidaya ikan air tawar di daerah ini. SDM-nya sudah sangat memadai sehingga kita tak perlu lagi mengirim peserta untuk mendapat pelatihan di Sumbar atau Jawa," ujarnya.

Staf KTNA Bengkalis Refry AMd ikut bicara. Menurutnya, studi banding yang selama ini dilaksanakan berbagai pihak - termasuk oleh Dinas Perikanan dan Kelautan - seharusnya ditindaklanjuti dengan pembuatan pilot project. "Misalnya, mereka studi banding tahun 2012. Tahun 2013 ini hendaknya yang studi banding itu membuat proyek percontohan. Dengan begitu kesan Stuban sebagai pelesiran akan hilang," katanya.***(hen)


Beri tanggapan | Baca tanggapan


Demikianlah Artikel Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Sekianlah artikel Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dengan alamat link http://beternak-ikan-sukses.blogspot.com/2013/02/warga-duri-antusias-ikuti-pelatihan.html

0 Response to "Warga Duri Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.