Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga

Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga - Hallo sahabat Beternak Ikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ikan air tawar, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga
link : Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga

Baca juga


Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga

Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga

BALIKPAPAN - Pemkot Balikpapan bersama tim pengendalian inflasi daerah (TPID) akan membuat program pengembangan air tawar. Program ini dalam rangka menekan ketergantungan masyarakat pada pasokan ikan laut, mengingat harga ikan juga menyumbang inflasi daerah yang cukup tinggi.
Asisten II pemkot Balikpapan Sri Sutantinah mengakui gerakan ini akan dikembangkan bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).
"Nanti program ini kita sinergikan dengan gerakan menanam cabai yang sudah berjalan termasuk sayur mayor. Jadi gerakan ini tidak parsial tapi saling mendukung," katanya, di Balikpapan, Rabu (6/2/2013).
Menurutnya, ikan tawar atau laut tiap tahun menyunmbang angka inflasi yang cukup tinggi pada bulan-bulan tertentu. Untuk menyiasati, maka gerakan ini akan digalakkan di tiap tempat tinggal masyarakat.
"Konsepnya lagi disusun dengan TPID baik untuk skala kecil di rumah tangga ataupun skala besar," ucapnya.
Mantan Kepala PU ini mengaku i konsep ini kali pertama dilontarkan oleh Anggota Dewan Pengarah TPID yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tutuk SH Cahyono. Untuk penerapannya warga diminta menyisakan sebagian lahan rumah untuk membuat kebun minimalis. Isi kebun inilah yang akan dikolaborasikan, mulai dari penanaman cabai, sayur mayur, hingga pembuatan kolam ikan air tawar.
"Kita ingin kebun dan ikan dijadikan satu, sehingga nanti diharapkan hasil kebun itu bisa mencukupi kebutuhan rumah tangganya, minimal kebutuhan lauk-pauk sehari-hari. Otomatis kalau kebutuhan tidak melonjak tinggi, misalnya pada saat angin selatan ikan laut tinggi, maka semua warga tidak tergantung makan ikan laut. Jadi ada pilihan lain, kalau permintaan tidak tinggi barangnya tidak banyak, otomatis kan tidak inflasi," jelasnya.
Saat ini kata Tantin sapaan akrabnya, tim masih fokus menyusun konsep tersebut. Jika konsep ini rampung maka TPID akan menggelar peresmian yang disusul penggalangan pr ogram di rumah-rumah warga.
"Kita belum tahu bagaimana skalanya, apakah skala kecil maupun besar. Namanya juga untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga. Soal konsepnya kan bisa berupa apa saja, kalaupun masyarakat terkendala di lahan maka bisa menggunakan polyback, drum, atau bahan lain. Nanti ahlinya lah yang tahu," ujarnya.
Wakil Ketua DPRD Balikpapan Noeryati mendukung penuhĂ‚  rencana pengembangan budidaya ikan air tawar yang bakal dicanangkan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Balikpapan.
"Tentu ya karena ini juga akan ikut membangkitkan sektor pertanian dan perikanan. Yang ujung selain mengurangi ketergantungan dari luar juga bagus untuk tekan inflasi," tuturnya.
Menurutnya saat ini masyarakat secara tidak langsung sudah ikut mengendalikan laju inflasi, karena sudah banyak yang memanfaatkan lahannya untuk budidaya ikan lele, seperti yang berada di kawasan Timur dan Utara Balikpapan.
"Dengan memaksimalkan lahan yang ada saja bisa mengatasi inflasi, apalagi di daerah Timur dan Utara kondisi tanahnya sangat cocok baik untuk pertanian maupun perikanan. Selama program itu bertujuan untuk ketahanan pangan dan menekan inflasi, maka kami di Dewan sangat mendukung," tukas politisi PDI Perjuangan ini. (ade)


Demikianlah Artikel Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga

Sekianlah artikel Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga dengan alamat link http://beternak-ikan-sukses.blogspot.com/2013/02/balikpapan-kembangkan-budidaya-ikan-air.html

0 Response to "Balikpapan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar di Rumah Tangga"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.