Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah

Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah - Hallo sahabat Beternak Ikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ikan lele, Artikel Kolam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah
link : Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah

Baca juga


Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah

Kolam terpal adalah kolam yang biaya pembuatannya sangat murah. Kolam terpal cocok untuk daerah yang tanahnya tidak bisa menyimpan air. Bahan yang dibutuhkan hanya terpal, sekam dan batako/bata merah.

Ukuran terpal yang dibutuhkan adalah:
Panjang terpal = panjang kolam terpal+ (2x kedalaman kolam) + 10 cm.
Lebar terpal = lebar kolam + (2x kedalaman kolam terpal) + 10 cm.
sketsa kolam terpal

Kolam sebaiknya dibuat di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Gali tanah dengan luas dan kedalaman sesuai dengan yang diinginkan. Tanah dari hasil galian kolam digunakan untuk membuat tanggul. Padatkan tanggul supaya tanggul tersebut kuat. Permukaan tanggul diberi batako/bata merah.
Setelah penggalian selesai, dasar kolam diberi sekam setinggi kurang lebih 10 cm. Terpal di pasang dan sisa terpal (10 cm) ditutupi dengan batu bata atau batako. Kolam siap diisi air.
contoh kolam terpal

Kolam terpal bisa juga dibuat dengan tanpa melakukaan penggalian. Sebagai ganti galian kolam, bisa dibuat kerangka dari tumpukan batu bata atau batako. Cara pembuatan selanjutnya sama dengan cara di atas.
Jika anda tertarik, berikut ini cara membuat kolam ikan dari terpal
Bahan :
1. Terpal (ukuran sesuai dengan keinginan anda)2. Sekam
3. Batako / Bata Merah

Cara Pembuatan :
1. Cari posisi tanah yang langsung terkena sinar matahari dan cukup luas untuk pembuatan kolam.
2. Gali tanah sesuai dengan luas kolam yang anda inginkan dengan kedalaman ± 50 cm.
3. Tanah hasil galian tadi digunakan untuk tanggul di sisi kolam dan dipadatkan supaya tanggul tersebut kuat lalu permukaan tanggul diberi batako / bata merah supaya permukaannya rata.
4. Setelah penggalian selesai, selanjutnya dasar kolam diberi sekam secara merata setebal 5 - 10 cm untuk menghindari kebocoran dan pengaruh benda tajam dibawahnya.
5. Terpal siap dipasang dan diisi air.
6. Diatas terpal diberi batako / bata merah lagi supaya aman dan rapi.


Demikianlah Artikel Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah

Sekianlah artikel Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah dengan alamat link http://beternak-ikan-sukses.blogspot.com/2017/06/membuat-kolam-terpal-yang-praktis-murah.html

0 Response to "Membuat Kolam Terpal Yang Praktis & Murah"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.