Cara Budidaya Ternak Bekicot

Cara Budidaya Ternak Bekicot - Hallo sahabat Beternak Ikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Budidaya Ternak Bekicot, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Budidaya Ternak Bekicot
link : Cara Budidaya Ternak Bekicot

Baca juga


Cara Budidaya Ternak Bekicot

Cara Budidaya Ternak Bekicot

Bekicot (Achatina fulica)
Bekicot (Achatina fulica) jenis ini banyak terdapat di indonesia saat ini kalau di lihat secara kasat mata dapat di katakan menjijikan.

Akan tetapi, di balik itu ada terselip peluang usaha yang menguntungkan untuk di budidayakan serta di pelihara dengan baik untuk skala usaha kecil maupun besar karena sangat banyak manfaat yang dapat di ambil dari bekicot.

Berikut ini langkah untuk ternak Bekicot :
  • Persiapan kandang dan sarana pendukung
Kadang bekicot ada tiga type kandang yang dapat di buat tergantung dari keingginan kandangn yang di anggap baik dan mudah di buat :
  1. Kandang dari kotak
  2. Kandang dari semen
  3. Kandang dari galian tanah
 Ketiga type kandang ini di harapkan di letakan pada kondisi lembab tetapi tidak basah dan gelap tidak langsung masuk sinar matahari
  • Bibit Bekicot indukan
Bibit bekicot di dapat dengan cara membeli atau juga mencari sendiri di kebun dan yanga pliang dominant biasanya di tanah lembab dan kebun pisang karena daeah ini sangat di sukai bekicot untuk di jadikan sebgai indukan,pilih bekicot yang berukuran besar dengan cara di ukur berdasarkan berat badan.

Reproduksi bekicot sekitar umur enam sampai tujuh bulan pemeliharaan tergantung sayarat kandang dan pakan yang baik untuk jumlah telur pada kisaran 50 smapai dengan 100 butir dengan ukuran telur 2 mm.

Proses penetasan bekicot tergantung juga dari kondisi kandang serta kelembaban serta pencahayaan yang cukup yang memenuhi syarat standar pemeliharaan,penetasan anak bekicot  menjadi anak cangkang yang kecil dan tetap di tunggui induk dari bekivot tersebut.
  • Pemeliharaan Bekicot
Dalam hal pemeliharaan yang perlu di perhatiakan adalah :

1. Jaga sebaik mungkin kondisi lembaban kandang
2. Berikan pakan bekicot s ecara teratur setiap hari
Pakan dari bekicot tidak terlalu sulit karena senang akan daun-daunan segar.Contoh : daun dan buah pepaya, daun bayam, buah terung, mentimun, sawi dan lain sebagi nya.
3. Jaga kondisi kandang agar tidak di masuki hama eksternal yang lain
4. Usaha kan bekicot tidak keluar dari kandang

Agar bekicot tidak keluar kandang buat penutup kandang yang baik atau dapat juga di olesi detergen serta dapat juga di berikan abu atau garam sebagai pembatas agar bekicot tidak keluar kandang.
  • Hama dan penyakit Bekicot
Sampai saat ini belum ada informasi penyakit dari bekicot
  • Pemanenan Bekicot
Masukan dalam peti kayu setelah di ambil dari dalam kandang  setalh itu cuci bekicot dengan cara di semprot dengan untuk menghilangkan kotoran darai dalam kandang serta jangan beri pakan selama 2 hari agar lender dari bekicot banyak keluar serta daging nya menjadi lunak.

Demikian Usaha Budidaya Ternak Bekicot semoga dapat menjadi inspirasi peluang usaha serta menjadi pengetahuan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan.


Demikianlah Artikel Cara Budidaya Ternak Bekicot

Sekianlah artikel Cara Budidaya Ternak Bekicot kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Budidaya Ternak Bekicot dengan alamat link http://beternak-ikan-sukses.blogspot.com/2012/10/cara-budidaya-ternak-bekicot.html

0 Response to "Cara Budidaya Ternak Bekicot"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.